Cara Setting Cronjob di cPanel

Menurut Wikipedia, cronjob merupakan suatu software utility yang bertugas sebagai sistem penjadwalan pada komputer/ server berbasis Linux. Yaps, sebagai sistem penjadwalan. Apa sih maksudnya? Maksudnya, anda dapat mengatur perintah (shell script) yang dijalankan pada waktu tertentu. Misalnya, melakukan backup file setiap pukul 5 sore, melakukan download file setiap pukul 7 pagi atau mengirim email setiap periode tertentu. Jadi, anda tidak perlu repot untuk menjalankan perintah- perintah tersebut secara manual satu persatu.

[lwptoc]

Bagaimana Cara Setting Cronjob di cPanel?

Nah, untuk melakukan setting cronjob di cPanel tentu saja yang harus anda persiapkan yaitu hosting dan perintah yang ingin dijalankan. Sebagai contoh, anda ingin mendownload file X setiap jam 7 pagi. Perintah ini biasanya sering disebut script. Untuk dapat menuliskan script/ perintah untuk cronjob, alangkah lebih baik jika anda menguasai berbagai command Linux. Hal tersebut akan mempermudah anda dalam menulis perintah yang ingin dijadwalkan. Adapun cara setting cronjob di cPanel silahkan ikuti step by step berikut ini,

Login cPanel Hosting

Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu login ke cPanel terlebih dahulu melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari hosting mengenai Informasi Account bagi anda yang belum tahu cara login cPanel

Cari Menu Cronjob di cPanel

Setelah itu, anda akan diarahkan ke halaman dashboard cPanel. Pada form pencarian silahkan tulis “cronjob”. Maka akan muncul menu Cron Jobs pada bagian Advanced. Silahkan klik menu Cron Jobs tersebut.

Menambahkan Cronjob Baru

Silahkan cek pada kolom Add New Cron Job. Anda dapat mengatur waktu agar script dapat berjalan secara periodik. Common Settings merupakan pengaturan/ setting yang secara default telah ditetapkan DomaiNesia. Pada hosting biasanya, minimal cronjob adalah tiap 5 menit.

setting cronjob di cpanel

Tetapi, anda dapat mengatur waktu sesuai dengan keinginan. Misalkan setiap hari sekali, setiap 5 menit sekali, dua kali sehari, dan sebagainya. Jadi, ketika anda memilih Once per Day, maka script/ perintah akan dijalankan (dieksekusi) selama satu kali dalam sehari setiap jam 12.00 a.m.

Setelah waktu ditambahkan, sekarang saatnya menuliskan command agar script dapat tereksekusi. Tentukan dahulu letak script yang akan dijalankan. Misalnya letaknya di public_html dengan nama script.php atau script.sh.

  • Apabila file script merupakan file .php maka pada kolom Command dapat ditulis:
  • Apabila script tersebut merupakan file .sh maka pada kolom Command dapat ditulis:

Setelah itu klik Add New Cron Job. Maka cronjob baru akan ditambahkan

setting cronjob di cpanel

Perintah CronJob SpintaxAPP

curl http://www.namadomain.com